-->

Resep Praktis Kue Ketan Tok ( Ang Ku Kueh )

Kreasi Mamah - Kangen sama jajanan pasar yang sering di jual pagi-pagi macam kue ku ketan ? lalu pengin membuatnya namun tak tahu resep dan cara membuatnya ? jika begitu simak baik-baik artikel resep kue ku ketan ini yah . karena kita akan membahas secara lengkap dari bahan-bahan dan cara membuatnya dengan mudah .

Kue ku ketan yang sering di sebut dengan ang kue kueh , kue tok atau kue kura-kura ini merupakan kue basah tradisional yang populer di daerah jawa . namun jika kita telurusi ternyata kue ku ketan ini berasal dari negeri Tiongkok loh . memiliki rasa yang enak , kenyal dengan isian kacang hijau yang manis membuat kue ku ketan banyak di sukai oleh banyak orang . sehingga selain populer di daerah jawa , ang kue kueh , kue tok atau kue kura-kura ini juga sangat populer di bumi nusantara

Jika kita lihat kue ku ketan salah satu kue tradisional ini sudah sulit untuk di cari yah . yah mungkin karena perkembangan zaman yang akhir-akhir ini banyak sekali menciptakan kue atau camilan yang modern . sehingga kue ku ketan sedikit ditinggalkan . oke , dari pada sulit cari-cari kue ku mending kita buat sendiri dirumah yuck . untuk resep dan cara membuat nya secara lengkap silahkan lihat artikel resepnya dibawah ini .



Bahan Kue Ku Ketan Tok :

  • Tepung ketan 250 gram
  • Santan encer 225 mili liter
  • Gula pasir 50 gram
  • Garam secukupnya
  • Pewarna makanan warna merah secukupnya ( optional )

Bahan Isi Kue Ku Ketan Tok :

  • Kacang hijau 250 gram
  • Gula pasir 125 gram
  • Minyak sayur 50 mili liter
  • Air 750 mili liter
  • Garam secukupnya

Cara Membuat Kue Ku Ketan Tok :

  1. Langkah pertama cara membuat kulit kue : Campurkan tepung ketan , santan encer , gula pasir , dan garam secukupnya hingga rata . kemudian beri pewarna makanan warna merah secukupnya lalu di aduk kembali hingga adonan dapat di bentuk .
  2. Untuk Isi : kacang hijau di cuci bersih lalu di rendam sebentar dengan air bersih . kemudian rebus kacang hijau hingga agak lembut , baru deh masukkan gula dan garam secukupnya . Masak terus hingga air rebusan berkurang , lalu masukkan minyak sayur dan biarkan hingga airnya kering .
  3. Setelah itu ambil adonan kira-kira 1-2 sendok makan , lalu bentuk menjadi bulat dan bagian tengahnya di beri isian lalu bulatkan lagi . bulatan ini di catak atau di pipihkan ke dalam cetakan kue ku agar lebih cantik dan rapih bentuKnya .
  4. Setelah semua bahan selesai di cetak , alasi bagian dasar kue ku dengan potongan daun pisang yang sudah di olesi minyak . selanjutnya kukus kue ku kurang lebih selama 15 menit . setelah matang angkat .

Resep Kue Ku Ketan Tok ( Ang Ku Kueh ) siap disajikan selagi hangat .

0 Response to "Resep Praktis Kue Ketan Tok ( Ang Ku Kueh )"

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel