-->

19 FOTO YANG SEMPAT MENGHEBOHKAN DUNIA INI TERNYATA PALSU

Di era digital sekarang ini, kita tidak bisa asal percaya dengan keterangan ataupun gambar didunia maya. Apalagi sekarang sudah ada program untuk mengedit gambar semacam Photoshop dan sejenisnya. Berikut ini adalah 20 gambar dan keterangan yang sempat menggemparkan dunia, namun belakangan diketahui bahwa itu adalah palsu.

1. Foto bocah suriah yang tidur disamping (kuburan) orang tuanya



Foto ini asli namun keterangannya palsu. Foto ini hanyalah hasil karya seni seorang fotografer berusia 25 tahun asal Arab Saudi, Abdul Aziz Al-Utaibi. Yang ingin menggambarkan sayangnya seorang anak kepada orang tua nya walaupun mereka sudah meninggal dan tidak ada hubung kaitnya sama sekali dengan krisis di Suriah.

2. Foto pesawat yang akan menabrak gedung WTC
Ada begitu banyak kejanggalan di foto ini. Mulai dari maskapai penerbangan yang berbeda dengan yang menabrak WTC, arahnya juga berbeda dan sebagainya. Bahkan, orang yang ada di foto tersebut, yaitu turis asal Hungaria Peter Guzli, juga mengatakan bahwa foto tersebut diedit alias palsu.

3. Foto Tsunami 2004 di India
Ada 3 kepalsuan sekaligus dalam satu potongan 'fakta' ini. Pertama, tsunami tersebut tidak terjadi separah ini, kedua, kota yang di sisi kiri adalah sebuah kota di negara Chile dan yang ketiga, gelombang tersebut hanyalah editan.

4. Patung Liberty diterjang Tsunami
Ini sebenarnya hanyalah cuplikan film 'The Day After Tomorrow' dan kejadian ini (sampai sekarang) belum pernah terjadi.

5. Pada tahun 1914 Seorang bocah pergi berperang dan meninggalkan sepedanya bersandar di pohon
Foto ini adalah nyata, hanya saja faktanya yang dibuat-buat. Sepeda tersebut memang disandarkan di pohon pada tahun 1950 dan kemudian 'menyatu' dengan pohonnya dan pemilik sepeda tersebut adalah orang biasa yang bernama Don Puz yang tidak pernah ikut beperang.

6. Pulau bulan sabit dan Bintang
Foto pulau yang asli hanyalah pulau bulan sabitnya yang memang ada di kepulauan Hawaii. Sedangkan pulau bintangnya hanyalah editan.

7. Telapak kaki bayi yang menonjol di perut Ibu
Faktyanya, menurut ilmu kesehatan, hal ini mustahil terjadi karena sangat banyak lapisan-lapisan di dalam perut ibu yang membungkus si calon bayi.

8. Telah ditemukan Ular berwarna-warni
Simpel saja, foto yang kiri adalah editan, sedangkan yang aslinya adalah sebelah di kanan.

9. Pohon Kehidupan telah ditemukan?!
Di beberapa film terdapat satu karakter pohon yang dijadikan sebagai tempat menetapnya para 'roh' para leluhur. Pohon yang ada di foto ini disebut-sebut sebagai pohon tersebut. Faktanya, pohon ini hanyalah pohon buatan yang ada di Disney World di Florida.

10. Semangka 'Bulan' yang tumbuh di jepang
Foto Hoax ini pernah menjadi trending topic di Barat. Disebutkan bahwa apabila semangka 'bulan' ini dimakan, rasanya bisa berubah-ubah. Tentu saja ini foto palsu, ini hanya semangka biasa yang di edit dengan photoshop.

11. Proses terbitnya bulan di Sequoia National Park, California
Banyak orang yang tertipu dengan foto ini karena menyangka bahwa foto ini adalah benar adanya. Padahal sebetulnya, pemandangan tersebut bukan dia California, bahkan juga bukan di Amerika Utara. Pemandangan ini terdapat di Perancis dan untuk bulannya, seperti biasa. editan photoshop.

12. Foto berwarna pasukan perang saudara di Amerika
Ini cuma gambar palsu untuk mengubah sejarah buatan sebuah akun twitter.

13. Pemandangan Gerhana Bulan dari Luar Angkasa
Hmm, bisa saja fenomenanya sesuai seperti gambar di atas. Yang jelas, foto ini sebenarnya hanyalah gambar buatan yang diciptakan oleh akun A4size-ska di Devianart.

14. Pemandangan di India pada malam 'Diwali'
Sebenarnya, ini adalah gabungan pemandangan cahaya yang diambil dari India selama satu dekade melalui satelit yang menunjukkan perkembangan distribusi cahaya dari waku ke waktu, tapi tetap keren!

15. Foto koala mengamuk dalam keadaan basah
Foto badan serta muka kaolanya asli, namun rahangnya sangat terlihat editan. Itu rahan anjing.

16. Telinga kelinci Vladimir Putin dari Steven Seagal
Foto aslinya tidak seperti itu, gambar 2 jari tersebut hanyalah editan photoshop.

17. Pilot yang selfie di udara
Dilihat sekilas pun akan terlihat kejanggalan-kejanggalan yang ada. Yang jelas, ini tidak akan pernah bisa terjadi.

18. Pemandangan langit L.A ketika terjadi pemadaman lamput di tahun 1994
Foto ini sebenarnya adalah sebuah karya (editan) dari seorang fotografer profesional Thierry Cohen, yang mengambil gambar dari berbagai kota menunjukkan keindahan langit di malam hari yang bisa saja terlihat jika semua lampu padam. Meskipun bintang bisa saja terlihat selama pemadaman lampu, tapi itu tidak akan sampai seperti ini.

19. Foto Supermoon di atas langit Brazil
Sekali lagi, bulan itu cuman tempelan dari foto lain saja. Namung sayangnya, banyak orang yang mempercayainya.

0 Response to "19 FOTO YANG SEMPAT MENGHEBOHKAN DUNIA INI TERNYATA PALSU"

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel