-->

Simpel, Cara-cara Ini Bisa Jauhkan Anda dari Diabetes


Komplikasi yang muncul akibat diabetes bisa mengakibatkan kematikan. Sebelum diabetes menyerang, ada cara-cara simpel yang jika dilakukan dengan konsisten bisa membantu menjauhkan diri dari penyakit ini.

"Maka itu penting banget untuk tahu berapa sih gula darah kita. Tentu cara paling gampang untuk tahu dengan cek gula darah," kata Noviana Halim, Brand Manager Tropicana Slim, di sela-sela senam sehat yang digelar Tropicana Slim di area GOR Ragunan, Jakarta Selatan, Minggu (17/4/2016).

Novi merujuk pada data Badan Kesehatan Dunia (WHO), 60-85 persen masyarakat di dunia memiliki pola hidup sedenter. Pola hidup yang kurang gerak ini bisa memicu obesitas dan juga diabetes. Karena itu sangat disarankan untuk aktif bergerak.

"Bagi orang dewasa, disarankan untuk beraktivitas fisik selama minimal 150 menit per minggu dengan intensitas sedang," tambahnya. 

Menurut Novi, aktif bergerak untuk membakar kalori bisa dilakukan dengan cara-cara yang menyenangkan, misalnya senam, naik turun tangga, jalan cepat dan menari. Penelitian juga menyebut rutin jalan cepat 30 menit per hari dapat menurunkan risiko diabetes hingga 25 persen.

dr Mulyani Anny Suryani Gultom, SpPD, spesialis penyakit dalam, dari Siloam Hospitals ASRI menambahkan cara simpel untuk mencegah diabetes bisa dilakukan dengan menjaga makanan sehat dan gizi seimbang. Memperbanyak asupan serat bisa membantu mencegah diabetes karena serat membuat seseorang lebih awet kenyang, sehingga tidak membuat seseorang terlalu banyak makan maupun ngemil yang akibatnya kelebihan kalori.

"Minum air putih cukup. Kalau mau mengasup yang manis sebaiknya yang rendah kalori," ucap dr Mulyani.

Novi menyambung, masyarakat perlu hati-hati pada asupan yang dinilai sehat tapi ternyata kurang sehat. Misalnya saja jus buah. Jika Anda membeli jus buah, perhatikan gula yang digunakan. "Sering dokasih gula cair yang pernah kita teliti itu dari 3 sendok makan gula," ucapnya.

Makanan yang banyak dijajakan juga sering kali mengandung gula dalam jumlah banyak, misalnya saja donat dan martabak manis. Asupan gula berlebihan ditambah kurang gerak membuat seseorang lebih rentan terkena diabetes.

"Padahal konsumsi gula itu batasannya 4 sendok makan. Itu di luar di buah. Jangan karena ingin makan yang manis jadi nggak peduli sama kesehatan," pesan Novi.

Cara lainnya mencegah diabetes adalah dengan manajemen stres. Sebab stres bisa meningkatkan gula darah seseorang.

"Kalau kegemukan, kurangilah berat badan. Yang penting juga, hindari rokok," imbuh dr Mulyani.

Sumber http://health.detik.com/read/2016/04/17/161552/3189926/763/simpel-cara-cara-ini-bisa-jauhkan-anda-dari-diabetes

0 Response to "Simpel, Cara-cara Ini Bisa Jauhkan Anda dari Diabetes"

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel