-->

Tolak Reklamasi, Para Nelayan akan 'Segel' Pulau D dan G


Komisi IV DPR serta Kementerian Kelautan dan Perikanan (KKP) menyepakati untuk memberhentikan proyek reklamasi Teluk Jakarta. Menyikapi hal itu, Kesatuan Nelayan Tradisional Indonesia (KNTI) menyambut baik dan langsung menggelar syukuran.

Syukuran ditandai dengan kunjungan ke sejumlah pulau reklamasi, yakni Pulau G dan Pulau D. Mereka akan "menyegel" bangunan yang sudah berdiri di atas Pulau D juga Pulau G dengan spanduk besar, palang dan "garis nelayan".

"Hari ini kita akan menjalankan hak-hak konstitusional. Beberapa hari lalu DPRD sepakat bahwa terkait reklamasi harus dihentikan, baru beberapa hari lalu pula DPR dan Menteri Perikanan bilang reklamasi harus dihentikan. Semua menolak reklamasi," ujar Ketua KNTI Riza Manik di Pelabuhan Muara Angke, Jakarta Utara sebelum menuju ke Pulau D dan Pulau G bersama para nelayan, Minggu (17/4/2016).



"Beberapa hari ini praktik tersebut masih berlangsung. Kami para nelayan tidak akan melakukan kekerasan, kami patuh hukum. Kita sepakat pulau-pulau reklamasi harus disegel. Tolak reklamasi!" serunya.

Para nelayan berangkat menuju Pulau D dan G dengan menggunakan perahu. Ada berbagai bendera dan atribut yang terpasang, salah satunya adalah spanduk bertuliskan 'Reklamasi Teluk Jakarta Menguntungkan Korporasi 554 Triliyun'.

Ada pula spanduk yang dibuat menyerupai gembok bertuliskan 'Disegel Nelayan' di perahu tersebut. Rombongan nelayan dan KNTI berangkat dari Pelabuhan Muara Angke sekitar pukul 09.00 WIB. Selain KNTI, LSM yang mendukung kegiatan ini adalah LBH, Forum Kerukunan Masyarakat Nelayan, perwakilan buruh, Kontras dan Serikat Perempuan.



Di lokasi yang sama, Wakapolres Pelabuhan Tanjung Priok Kompol Ruly Indra menyebut pihaknya juga menerjunkan aparat untuk melakukan pengawalan dan pengamanan. "Personel dari Sabhara Polda ada 100 personel dan dari Polres Pelabuhan ada 50 orang untuk pengamanan," kata Ruly.

Sumber http://news.detik.com/berita/3189722/tolak-reklamasi-para-nelayan-akan-segel-pulau-d-dan-g

0 Response to "Tolak Reklamasi, Para Nelayan akan 'Segel' Pulau D dan G"

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel