-->

5 Tips memulai menulis di blog bagi Pemula

Pada postingan sebelumnya, blog dongok menulis tentang menulis itu tidak mudah. Hal ini bertujuan bukan untuk menakut-nakuti tetapi hanya untuk inspirasi bahwa menulis itu memang tidak mudah bahkan sulit dan membutuhkan banyak belajar. 

Walaupun menulis itu tidak mudah, blog dongok tetap berusaha untuk selalu belajar untuk menulis terutama menulis di sebuah blog dan ini adalah tulisan kedua blog dongok. Selain tidak mudah, menulis di blog itu sangat membosankan. Apalagi kalau kamu tidak mempunyai ide untuk menulis.

5%2BTips%2Bmemulai%2Bmenulis%2Bdi%2Bblog%2Bbagi%2BPemula
Ilustrasi : 5 Tips memulai menulis di blog bagi Pemula (teropongku.com)
Pada tulisan kali ini, blog dongok akan mencoba menulis mengenai 5 tips untuk memulai menulis di blog bagi pemula. Tips-tips ini berdasarkan pengalaman blog dongok, baik itu dari blog yang pernah di baca maupun pengetahuan yang blog dongok dapatkan dari sumber-sumber lainnya. 

Adapun 5 tips untuk memulai menulis di blog bagi pemula adalah sebagai berikut:

1. Menentukan Tujuan Menulis di Blog

Dari beberapa blog atau web yang pernah blog dongok baca, hal yang pertama yang harus dilakukan untuk penulis pemula (seperti blog dongok) adalah menentukan tujuan blog atau tujuan menulis. Misalnya tujuan menulis hanya untuk senang-senang, menyalurkan hobi, untuk mencari penghasilan dan masih banyak lagi tujuan-tujuan lainnya.

Menurut blog dongok, menentukan tujuan menulis itu memang sangat penting sekali, karena dengan adanya tujuan menulis maka kamu akan lebih fokus dan konsisten dalam menulis. Hal ini dilakukan demi untuk mencapai tujuan awal kamu untuk menulis. Apabila kamu menulis di blog hanya sekedar ikut-ikutan maka hal ini tidak akan membuat kamu sukses dalam menulis melainkan hanya membuang waktu saja. Maka dari itu sebelum menulis di blog kamu harus tentukan dulu tujuan kamu dalam menulis di blog. 

2. Menentukan Tema atau topik blog

Setelah tujuan menulis sudah jelas, maka tahap selanjutnya yang harus dilakukan oleh penulis pemula adalah menentukan tema atau topik tulisan. Dari beberapa blog yang pernah blog dongok baca, sebaiknya tema atau topik tulisan harus sesuai dengan hobi. Hal ini akan memudahkan kamu dalam menciptakan ide-ide tulisan. Misalnya kamu hobi dengan olah raga, pastinya kamu akan mudah menulis mengenai olah raga karena kamu hobi dengan olah raga tersebut. Dan tentunya ini akan membuat kamu tidak merasa terbebani dalam menulis melainkan akan membuat kamu merasa senang apalagi tulisan kamu nantinya di baca oleh orang banyak dan tentunya bermanfaat.

3. Perbanyak Membaca

Tips yang ketiga untuk menulis di blog adalah perbanyak membaca atau bahasa kerennya “Blogwalking” atau mencari inspirasi. Semakin banyak kamu membaca maka akan semakin bertambah ilmu pengetahuan kamu. Bacalah artikel-artikel atau tulisan-tulisan yang berhubungan dengan tema tulisan kamu. 

4. Memulai Menulis

Tips yang keempat untuk menulis di blog adalah memulai menulis. Nah, setelah kamu sudah menentukan tujuan dan tema serta sudah banyak membaca artikel tentunya langkah selanjutnya adalah memulai menulis. Tulislah apa yang ada di pikiran kamu (tentunya yang berkaitan dengan tema yang sudah kamu pilih). Setelah kamu selesai menulis jangan langsung kamu posting di blog, tetapi baca kembali tulisan kamu minimal sebanyak 2 kali. Setelah tulisan kamu di rasa sudah baik bahasa tulisannya dan ejaannya sudah benar maka kamu bisa langsung memposting di blog kamu.

5. Belajar Kembali

Tips yang kelima untuk memulai menulis di blog adalah belajar. Ya, belajar itu sangat penting. Tidak ada orang yang bisa langsung pinter menulis kalau tidak belajar dan siapapun orangnya akan dapat menulis apabila orang tersebut mau belajar. Dan tentunya belajarlah dengan kesabaran.

Itulah 5 tips untuk memulai menulis di blog bagi pemula ala Blog Dongok. Mudah-mudahan tulisan kali ini bisa bermanfaat bagi kamu-kamu yang ingin menulis di blog.


Salam

0 Response to "5 Tips memulai menulis di blog bagi Pemula"

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel