-->

MANDI WAJIB SETELAH HAID... Wanita Wajib BACA !

BacaanMuslimah - Membersihkan diri untuk seorang wanita adalah hal yang wajib, terutama wanita selepas haid yang disebut dengan mandi wajib, karena, mandi itu wajib hukumnya, artinya, bersih-bersih setelah haid, bukan sekedar membasuh, membilas, tapi mandi.

http://muslimah-id.com/wp-content/uploads/2014/02/Mandi-Wajib-bagi-Muslimah.jpg

Muslimah, kita sebagai wanita harus mngetahui bahwa mandi wajib setelah haid, memiliki tata cara sesuai tuntunan Rasul saw, melalui istrinya Aisyah ra. Suatu hari Asma binti Syakal ra bertanya kepada Rasul saw tentang mandi haidh, maka Rasul saw bersabda:

“Salah seorang di antara kalian (wanita) mengambil air dan sidrahnya (sejenis daun pohon bidara, atau boleh juga digunakan pengganti pembersih seperti sabun dan semacamnya-) kemudian dia bersuci dan membaguskan bersucinya, kemudian dia menuangkan air di atas kepalanya lalu menggosok-gosokkannya dengan kuat sehingga air sampai pada kulit kepalanya, kemudian dia menyiramkan air ke seluruh badannya, lalu mengambil sepotong kain atau kapas yang diberi minyak wangi kasturi, kemudian dia bersuci dengannya. Maka Asma’ berkata: “Bagaimana aku bersuci dengannya?” Beliau bersabda: “Maha Suci Allah” maka Aisyah berkata kepada Asma, “Engkau mengikuti (mengusap) bekas darah (dengan kain/kapas itu).”

Dalam hadis lain yang juga diriwayatkan oleh Aisyah ra, ketika Rasul saw ditanya cara mandi wajib setelah haid, beliau menjawab. “Hendaklah dia mengambil sepotong kapas atau kain yang diberi minyak wangi kemudian bersucilah dengannya. Wanita itu berkata: “Bagaimana caranya aku bersuci dengannya?” Beliau bersabda: “Maha Suci Allah bersucilah!” Maka ‘Aisyah menarik wanita itu kemudian berkata: “Ikutilah (usaplah) olehmu bekas darah itu dengannya (potongan kain/ kapas).” (HR. Muslim: 332).

Menurut jumhur ulama, tata cara mandi wajib setelah haid, yaitu dengan membersihkan seluruh anggota badan berupa siraman air ke seluruh tubuh tanpa terkecuali sampai ke pangkal rambutnya.
Mandi setelah haid bagi muslimah, seperti halnya mandi biasa dengan ketetuan membasuh seluruh anggota badan termasuk rambut tanpa terkecuali, ditambah dengan membersihkan bekas darah dengan sesuatu yang wangi. Adapun niatnya, yaitu Nawaitul Ghusla Liraf’il Hadatsil Akbar Minal Haidi Fardlon Lillahi Ta’ala. Terjemahnya, yaitu “Aku niat mandi untuk menghilangkan hadats besar dari haid, wajib karena Allah swt.

Ada banyak sekali tata cara mandi wajib menurut para penyabda nya, namun ditarikkesimpulan tata cara mandi wajib adalah sebagai berikut;

1) Niat dengan lafadz niat dan hati
2) Mandi dengan membasuh seluruh anggota badan termasuk rambut, 
3) Membersihkan bagian tubuh dari bekas darah. 

Selain hal wajib tadi, ada juga hal sunnah yang mendapat ganjaran pahala jika dilakukan, yaitu: 
1) Mendahulukan menghilangkan najis dari seluruh tubuh, 
2) Membaca Basmallah pada permulaan mandi, 
3) Menghadap kiblat saat mandi. 
4) Membaca doa sebagaimana membaca doa sesudah berwudhu,  
5) Sebelum mandi sunah mengambil air wudhu terlebih dahulu.

 Sumber : http://muslimah-id.com

0 Response to "MANDI WAJIB SETELAH HAID... Wanita Wajib BACA !"

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel