-->

Wajib Baca, Bunuhlah 4 Sifat Dalam Diri Mu yang Menjadi Sumber Dosa


Bacaan Muslimah - Dosa merupakan pelanggaran terhadap aturan Allah. Dosa dan maksiat menimbulkan kerusakan dan kekacauan dalam kehidupan. Pada hakekatnya, asal-usul dosa itu berasal dari dua hal. Pertama, meninggalkan perintah Allah dan yang kedua, melakukan larangan Allah. 


Dosa timbul setelah munculnya sifat-sifat yang tidak baik di dalam hati seseorang. Darimanakah datangnya sifat-sifat yang menjadi sumber dosa? Marilah kita kaji dari mana dan seperti apa sifat tersebut. Inilah 4 sifat yang menjadi sumber dosa:

1.Sifat yang menyamakan dirinya dengan sifat-sifat Allah dimana sifat tersebut seharusnya adalah bagi Allah semata, contohnya: sifat Takabur, membanggakan diri, mencari popularitas (keagungan) dihadapan manusia, merasa tinggi, merasa mulia, memperbudak manusia, menjajah, dan lainnya.

2.Sifat yang mengadopsi dari sifat syetan

Dari sifat inilah timbulnya kebencian, kesewenang-wenangan, menipu, berdusta, kemunafikan, kufur, menyuruh kepada kerusakan dan lain-lain.

3.Sifat kebinatangan

Dari sifat ini muncul sifat kejahatan, keinginan memenuhi nafsu baik nafsu perut dan nafsu kemaluan (syahwat) – zina dan perbuatan penyimpangan seksual (seperti: lesbian, homo seksual) , kemudian perbuatan gemar mencuri, bertindak kejam untuk memuaskan nafsu dan lain-lain.

4.Sifat kebuasan

Dari sifat ini muncul sifat pemarah, pendengki, menyerang orang lain baik secara fisik maupun menyakiti hati, memukul, membunuh, merampas harta orang lain dan lain-lain.

Tahapan berkembangnya sifat-sifat tersebut di atas pada diri seseorang berproses dari waktu ke waktu. Jika tidak segera bertaubat maka akan semakin nyata peranan sifat-sifat tersebut dalam memicu perbuatan dosa dan maksiat. Jika sifat-sifat ini berkembang pada diri seseorang maka efek nyatanya adalah sifat tersebut akan memancar pada tampilan fisik dan juga perilakunya.

Sebagian diantaranya ada yang mendekam didalam hati, seperti: kemunafiqan, memendam niat kejahatan, pendendam, iri dan dengki. Sebagian ada yang muncul menjadi perkataan, seperti: ghibah, fitnah, dll. Sebagian lagi menjadi perilaku nyata contohnya: mencuri, merampok, menganiaya, dll. Dari segi dampaknya terhadap objek perilaku dosa ada dua macam, yaitu dosa melanggar hak Allah, dan melanggar hak makhluk-Nya.

Cara untuk membersihkan diri dan hati dari sifat-sifat yang menjadi sumber dosa adalah dengan memperbanyak istighfar, membersihkan hati dan segera bertaubat jika menemukan sifat tersebut di atas ada dalam diri kita. 



0 Response to " Wajib Baca, Bunuhlah 4 Sifat Dalam Diri Mu yang Menjadi Sumber Dosa"

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel