-->

KISI-KISI DINAS JAGA / P2TL (Bag-03)

KISI-KISI DINAS JAGA / P2TL (Bag-03)
* PENERANGAN LAMBUNG : lampu hijau dilmbung knan,lampu merah d lmbung kiri, memperlihatkan chy yg meliputi busur 112,5° lbh k belakang dri arah melintang pd lambung masing2
* PENERANGAN KELILING : sebuah lmpu kuning yg memperlihatkan chy terputus2 meliputi busur cakrawala 360°
* PENERANGAN BURITAN : lampu pth yg ditempatkan sdkt mungkin dgn buritan memperlihatkan cahaya yg tdk terputus2 dgn busur cakrawala 135° dan dipsg sedemikian rupa sehingga memperlihatkan chy dri arah lurus kebelakang sampai 67,5° pd msing2 sisi kpl
* PENGAMATAN KELILING adalah tindakan / kegiatan dg menggunakan penglihatan & pendengaran serta semua sarana yg ada diatas kpl sesuai dg keadaan yg dihadapi untuk memberikan penilaian yg layak akan situasi & bahaya tubrukan.
* PENERANGAN MULAI DIPERLIHATKAN : Penaerangan mulai diperlihatkan pd sebuah kpl pd saat matahari mulai terbenam & cuaca buruk / badai & kabut yg membuat jarak pandang dg kpl lain tdk terlihat.
* PENERANGAN BAGI KPL TENAGA YG MENGALAMI KANDAS
1. Pd bagian depan, lampu keliling putih.
2. Pd/dkt buritan pd ketinggian yg lbh rendah dri pd lampu depan, sbuah lampu keliling putih.
3. Lampu keliling berwarna merah yg bersusun tegak.
* PENERANGAN KPL TUNDA YG MELEBIHI 210 M
* PENERANGAN & SOSOK YG HRS DIPASANG PD KPL TENAGA YG MEMASANG PIPA DIBAWAH LAUT1.
- 2 lampu keliling merah /2 bola2 yg disusun vertical utk menunjukkan sisi lambung yg trdapat rintangan
- 2 lampu keliling hijau/2 belah ketupat yg disusun vertical utk menunjukkan sisi lambung yg boleh dilewati kpl lain.
- jika memiliki kecepatan trhdp air,sbg tambahan lampu puncak tiang,lampu lambung dan lampu buritan.
* PENERANGAN KPL TENAGA YG PANJANGNYA 45 M
making way (punya laju):
- Lampu tiang 1 (putih)
- Lampu lambung (kanan hijau,kiri merah)
- Lampu buritan 1 (putih)
- Lampu tunda (bila ada kegiatan menunda)
* PENCEGAHAN BAHAYA KANDAS
- Memberi Merkah pada bahaya2 navigasi (No go area),
- Penentuan posisi kapal secara teratur dan tepat,
- Perwira navigasi harus menguasai alat2 navigasi,
- Peta yg digunakan harus up to date, 
- Memperhatikan arus pasang surut daerah setempat.
* PENCEGAHAN BAHAYA TUBRUKAN
- Melakukan pengamatan sekeliling kapal,
- Apabila mengadakan penyusulan kapal lain,maka kita harus menyimpang kapal lain yg disusul,
- Pada siang hari melihat kapal lain segaris atau hamper segaris dgn kapal kita,atau pada malam hari melihat kedua lampu lambung kapal lain,maka kita harus menghindar dgn perubahan haluan yg cukup besar,tegas dalam waktu yg cukup dini.
- Apabila kita melihat lampu merah kapal lain dilambung kanan,maka kita harus menyimpang pada jarak yg aman.

* PENERANGAN & SOSOK BENDA YG DIPERLIHATKAN PESAWAT TERBANG SEDANG LABUH JANGKAR
-malam hari memperlihatkan lampu berwarna putih di sayap pesawat tsb.

-pada siang hari memasang bola hitam di sebelah belakang atau semirip benda tsb
* PENERANGAN BAGI KPL TENAGA YG SEDANG BERLABUH JANGKAR
1. Pd bagian dpn lampu keliling putih.
2. Pd/dkt buritan, pd ketinggian yg lbh rendah dri pd lampu bagian dpn, sebuah lampu keliling putih.
3. Menggunakan lampu kerja/lampu yg serupa utk menerangi geladak bgi kpl yg panjangnya 100 mtr/lbh.
* PERSIAPAN UNTUK SERAH TERIMA JAGA
- Perwira jaga hrs menentukan keadaan pasut waktu perubahan & arus yg diperkirakan.
- Jika sdg berlabuh jangkar, harus memastikan posisi kpl tetap posisi berlabuh jangkar.
- Mengecek tali2 tambat/rantai jangkar & keadaan mesin.
- Perwira jaga harus mendapatkan/ memiliki akses yg tepat utuk semua kunci kesemua kompartemen yg terkunci di kpl.
* PERWIRA JAGA DPT MELAKUKAN JAGA SENDIRI DISIANG HARI APABILA
- Situasi yg ada diyakini dlm keadaan aman
- Faktor2 keadaan cuaca, jarak tampak, kepadatan lalu lintas, bahaya navigasi & bagian pemisah (Seperation schemes) telah benar2 diperhitungkan
- Setiap setandar/ ketentuan / prosedur berkaitan dgn tugas jaga harus sesuai dgn yg ditetapkan oleh IMO
* PIHAK2 YG BERTANGGUNG JAWAB BILA TERJADI TUBRUKAN
-kapal
- pemilik kapal
- nahkoda
- awak kapal
* SALING MELIHAT
Kpl2 secara visual/saling melihat satu dgn lainnya.
* SARANA YG DIGUNAKAN PADA SAAT PENGAMATAN
-radar,
- GPS,
- Teropong,
- Lampu sorot,
- Echo sounder
- Peta penjelas
* SITUASI MENYILANG ATURAN 15
+ YG HRS DILAKUKAN
- Kpl yg melihat kpl lain disebelah kanannya(kapal A) hrs menyimpang
- Dlm menyimpang tdk memotong haluan sepanjang keadaan menyilang
- Tindakan yg tegas dlm wkt yg ckp
- Melakukan perubahan haluan yg cukup besar pd saat posisi ke 2 kpl sdh sangat dkt
- Dilewati pd jrk yg ckp aman.
-Kapal B harus mempertahankan haluan dan kecepatan (aturan 17)
* SERAH TERIMA JAGA
a. MENYERAHKAN & MENERIMA TUGAS JAGA
- jangkakan posisi duga selama pada haluan yg sedang dilayari.
- Periksa status semua peralatan navigasi.
- Periksa lalu-lintas kpl disekitar dg RADAR.
- Secara lisan, berikan informasi mengenai status kapal2 disekitar kpd perwira yg akan menggantikan tugas jaga.
- Pastikan bahwa perwira yg akan melaksanakan tugas baru telah menerima tanggung jawab tugas jaga dg seksama.
- Masukkan informasi yg tepat kedalam buku jurnal kapal (log book).
b. YG DILAPORKAN PD JURNAL JAGA
- Posisi kpl(latitude & longitude)
- Haluan Kapal dan haluan kemudi
- Keadaan cuaca dan gelombang laut.
- Mencatat bhy navigasi selama tgs jaga
- Konsumsi air tawar, bhn bkr,dll
- Mencatat kec.kpl
- Kegiatan2 yg dilakukan diatas kpl dan di kmr mesin
* SOSOK BENDA & PENERANGAN YG HARUS DIPERHATIAKAN DLAM KEADAAN DARURAT KPAL KANDAS
Menaikkan 3 bola-bola hitam dan penerangan semua lampu dek serta menaikkan bendera warna biru dengan tanda X warna putih di dalamnya.
* TINGGI DI ATAS BADAN: ketinggian diatas geladak jalan terus yg paling atas & ketinggian diukur dri kedudukan tegak lurus dibawah tempat lampu.
* TANGGUNG JAWAB UNTUK MEMENUHI ATURAN 2
- Dalam aturan 2a setiap kpl harus mengikuti aturan2 dalam colreg karena tidak satupun yg bebas dari tanggung
- Dalam aturan 2b setiap kapal dapat menyimpang dari aturan ini. Apabila keadaan memaksa.
* TANGGUNG JAWAB KPL SESUAI DGN ATURAN 18
- Setiap kpl selain kpl yg tdk dpt di OG/yg dibtasi kemampuan OG,jika keadaan mengijinkan hrs menghindar utk menghalang-halangi penyeberangan dgn aman kpl yg dibatasi krn saratnya,hrs memperlihatkan isyarat2 peraturan 28
- Kpl yg dibatasi krn saratnya hrs blyar dgn hati2 dgn memberikan penuh perhatian atas keadaannya yg khusus
* TINDAKAN PADA SAAT CUACA KABUT
-kecepatan aman
-mendeteksi isarat
-kemudi tangan
-radar selalu stand by
-tempatkan pengamat
* TINDAKAN JIKA 2 KPL BERTEMU DIPERAIRAN SEMPIT
- Kedua kpl berusaha saling berkomonekasi
- Kpl A mempertahankan kecepatannya sehingga lebih dahulu melewati perairan yg sempit
- Kpl A kurangi kecepatan atau berhenti sama sekali terhadap air untuk member kesempatan terhadap kpl A yg ikut arus
* TUJUAN DARI DILAKSANAKANNYA PENGAMATAN KELILING adalah memberikan penilaian yg layak akan adanya situasi dari bahaya tubrukan
* TUJUAN TUGAS JAGA ANTARA LAIN
- Menjaga kewaspadaan secara terus menerus dg penglihatan, pendengaran & sarana alat laian yg ada sehubungan dg setiap perubahan penting dlm hal suasana pengoprasian
- Memperhatikan sepenuhnya situasi2 & risiko2 tubrukan, kandas & bahaya nafigasi lainnya
- Mendeteksi kpl2 / pesawat terbang yg sedang dlm bahaya, orang2 yg mengalami kecelakaan kpl, karena kpl & bahaya2 lain yg mengancam navigasi
* TANGGUNG JAWAB PERWIRA JAGA PELABUHANT
1. Menjaga keamanan kpl al: Pencurian, hanyut, kandas, kebakaran dan lain2.
2. Menjalankan perintah nakhoda al: standing order, tingkat order yg sifatnya umum/khusus.
3. Menjalankan perintah/ketentuan yg berlaku al: pemasangan, mencegah polusi air/udara, memasang bendera/semboyan yg diharuskan serrta mengikuti peraturan Bandar.

* TUGAS & TANGGUNG JAWAB PERWIRA JAGA SAAT KPL BERLABUH JANGKAR
- Mengontrol keliling kpl thd perahu2 pencuri maupun yg lainnya
- Memriksa posisi jangkr setaip saat, apakh jangkar menggaruk.
- Menyalakan penerangan yg sesuai pd mlm hari dan memasang bola jgkar pd siang hari serta
memberikan isyrat bunyi dlm tampak terbats.
- Membaca draft dan mencatat ship’s condt.
* TUGAS & TANGGUNG JAWAB PERWIRA JAGA SAAT KPL BONGKAR MUATT
-    Membaca stowage plan muatan yg dibongkar, memperhatikan azas2pemuatan
-    Mengontrol bekerjanya peralatan muat bongkar spt blok, segel,ganco, tall guy, tali muat.
-    Membaca draft dan membuat ship’s condt.
-    Meronda keliling palka sehubungan dg stowage, pencurian lashing, tali maupun pemasangan alat2 keslmtn spt jala2 dll.
* TUGAS MUALLIM JAGA DI LAUT
1. Memeriksa posisi kapal, Kesalahan Kompas, haluan yang di kemudikan dan semua peralatan navigasi di anjungan.
2. Memeriksa keadaan keliling, perairan, benda - benda navigasi, kapal dan lain - lain
3. Membawa kapal dengan selamat sesuai dengan peraturan nasional maupun internasional dalam penyimpangan.
4. Memangamati dengan baik dengan panca Indra keseluruhan kapal dan sekitarnya serta bertindak yang sesuai.
5. Melaporkan kepada Nakhoda jika terjadi situasi meragukan. 
* TUGAS & TANGGUNG JAWAB MUALLIM JAGA
1. Menjaga keamanan dan keselamatan kapal, penumpang, muatan antara lain : menentukan posisi kapal secara rutin, melashing muatan dan lain - lain.
2. Menjalankan perintah Nakhoda antara lain : tidak dikenankan meninggalkan anjungan tanpa diganti mualim yang lain atau Nakhoda, pada lazimnya Nakhoda telah membuat " Standing Orders" yang harus dilaksanakan oleh semua mualim.
3. Menjalankan peraturan pada saat itu antara lain : melakukan tindakan berjaga - jaga yang baik sesuai aturan - aturan yang ada di dalam P2TL dan lain - lain.
4. Berko'ordinasi dengan perwira jaga mesin (masinis jaga).
5. Dalam situasi darurat harus memberitahukan kepada Nakhoda. 
* TUGAS JAGA BERLABUH JANGKAR :
- Cek posisi kpl secara teratur.
- Cek kedaan rantai & jangkar.
- Lakukan ronda keliling secara teratur.
- Nyalakan lampu labuh yg lain pd mlm hari.
- Pasang tanda berlabuh pd siang hari.
- Lakukan ofservasi cuaca
- Cek, Baca dan laksanakan nigh order dari nakhoda
- Isi log book pd akhir jaga.
- Laporkan ke nakhoda bila terjadi keragu2an.
- Lakukan serah terima jaga setelah akhir jaga dgn prosedur yg benar
* TUGAS BERLABUH JANGKAR:
- Ketika berlabuh jangkar nakhoda/perwira mesin 1 hrs berada diatas kpl.
- Perwira jaga hrs mengecek baringan jangkar secara teratur utk menentukan apakah kpl hanyut.
- Selama kondisi penglihatan terbatas hrs memastikan semboyan2 secara yg tepat yg diberikan dihaluan & buritan kpl.
- mengecek perairan sesering mungkin utk memastika tidak ada minyak yang bocor dan wajib mencatat setiap ada kebocoran muatan didalam log book.
- memastikan hanya orang2 berwenang dibolehkan memasuki kapal.
- harus tetap berada diatas kapal untuk mencegah barang2 terlarang dimuat (penyelundupan
* TUGAS MUALIM/REGU JAGA PADA WAKTU KPL SANDAR DI DERMAGA
- melakukan ronda keliling secara berkala
- mengecek tangga kpl(gangway),jangkar kpl,dan tali2 tambat kpl saat psg surut
- draft kpl dan kdlaman air
- mengecek listing moment pd saat bongkar muat
- mengamati cuaca dan keadaan laut.
- memeriksa setiap orng yg akan naik atau msuk k atas kpl
- Memeriksa air got & cairan did lm tangki.
- memasukkan kdlm bk jurnal setiap kejadian penting.
* TUGAS MUALIM JAGA / REGU JAGA BILA KPL AKAN BELAYAR (ONE HOUR NOTICE)
- memberitahu nakhoda dan chip enginer
- mempersiapkan semua peralatan yg akan dgunakan untk bernavigasi
-mempersiapkan peta yg akan digunakan
- standby on deck utk kru yg jaga
- mencatat draft kapal
- mengamati cuca, arus,angin dll
* TATA PEMISAH LALU LINTAS (Traffic Separation Scheme)
Adalah Suatu alur pelayaran sempit yg di batasi oleh bagian pemisah menjadi dua alur pelayaran yang berlawan arah.
* TINDAKAN YG HRS DILAKUKAN KETIKA MENERIMA TUGAS JAGA PD WAKTU KPL SEDANG BELAYAR PD MALAM HARI ANTARA LAIN
- Petugas jaga hrs berada di anjungan 30 menit sebelum waktu serah terima jaga
- Perwira pengganti hrs mendapat kepastian tentang posisi yg sebenarnya / posisi duga kpl
- Perintah2 harian/petunjuk2 khusus lain dr nakhoda yg berkaitan dgn navigasi
- Hrs mendapat kejelasan tentang pss, haluan, kecepatan & syarat kpl
- Hrs menggunakan radar setiap kali akan terjadi berkurangnya jarak tampak terbatas & secara terus menerus dilakukan pengamatan jika berada dialur pelayaran yg ramai sambil memperhatikan keterbatasan kemampuan radar
- Hrs memili suatu skala jarak yg memadai pd radar & hrs mengamati layar radar secara cermat bahwa sasaran2 kecil yg kurang jelas dpt lolos dr pengamatan radar
- Gelombang laut pd saat itu/hanya diperkirakan, arus laut, cuaca, jarak tampak, & pengaruh faktor2 terhadap haluan & kecepatan kpl
* MAKSUD DARI PERTANGGUNG JAWAB DARI ATURAN 2
-bahwa aturan ini tdk akan membebaskan kpd setiap kapal/pemiliknya, nakoda, dan awak kplnya atas akibat dari setiap kelalaian tindakan berjaga atau keadaan khusus dimana kapal itu berada yg mengakibatkan bahaya tubrukan
* MAKSUD & TANGGUNG JAWAB DARI P2TL
-setiap kapal harus benar benar memperhatikan semua bahaya navigasi dan bahaya tubrukan serta setiap keadaan khusus termasuk keterbatasan dari ka;pal yg bersangkutan
Maksud dan situasi penyusulan
-kapal yng mendekati kapal lain dafri arah lebih dari 2250kebelakang dari arah melintang atau [pada malam hari kaoal tsb hanya melihat buritan dan tidak satupun lamopu lambung kapal lain tersebut
* MAKSUD SALING MELIHAT
-keadaan dimana kapal satu sama lainnya dapat dilihat dgn nyata oleh kapal lainnya
* TANDA2 CARDINAL
1.tanda cardinal utara
-tanda puncak :2kerucut hitam yg satu diatas yg lain dgn puncaknya 2 keatas
-warna :hitam diatas kuning dibawah
-bentuk :menara atau batang
-suar (jika dilengkapi)
Warna:putih
Irama :CSCP (Cc)atau CCP
2.tanda cardinal timur
-tanda puncak :2kerucut hitam yg satu diatas yg lain,dgn alasnya saling berhadapan
-warna :hitam diatas dan dibawah,kuning di tengah
-bentuk :menara atau batang
-suar (jika dilengkapi)
Warna :putih
Irama:CSCP (C) (3) setiap 10 detik
3.tanda cardinal selatan
-tanda puncak:2 kerucut hitam,yg satu diatas yg lain dengan puncaknya kebawah
-warna:kuning diatas dan hitam dibawah
Bentuk:menara atau batang
Suar (jika dilengkapi)
Warna:putih
Irama:CSCpp (C) (6) + cerlang panjang setiap 10 detik atau Ccpp (6) + cerlang panjang setiap 15 detik
4.tanda cardinal barat
-tanda puncak :2 kerucut hitam,yg satu diatas yg lain dgn puncaknya saling berhadapan
-warna:kuning diatas dan dibawah,hitam ditengah
-bentuk menara atau batang
-suar (jika dilengkapi)
Warna :putih
Irama :CSCP (C) (9) setiap 10 detik atau CC (C) 15 detik
* TANDA2 BAHAYA TERKECIL adalah suatu tanda yg didirikan / dilabuhkan pd / diatas sebuah bahaya terpencil mempunyai perairan yg dpt dilalui sekelilingnya.
+ tanda puncak :2 bola hitam,yg satu sama diatas yg lain
Warna :hitam dan merah
Bentuk:menara atau batang
Suar (jika dilengkapi)
Warna :putih

KISI-KISI LAINNYA:

    0 Response to "KISI-KISI DINAS JAGA / P2TL (Bag-03)"

    Iklan Atas Artikel

    Iklan Tengah Artikel 1

    Iklan Tengah Artikel 2

    Iklan Bawah Artikel