-->

Mahasiswa UI yang Jatuh ke Jurang Lereng Gunung Slamet Berhasil Diselamatkan


Tim gabungan untuk melakukan evakuasi seorang pendaki dari Mahasiswa Pencinta Alam Universitas Indonesia (Mapala UI) yang mengalami kecelakaan di Gunung Slamet dikabarkan telah menjangkau korban.

"Tadi, sekira pukul 07.40 WIB, tim SAR (search and rescue) yang naik ke atas sudah menjangkau korban. Ini masih dikoordinasikan dulu, kami lihat kondisi korban, termasuk 12 temannya bagaimana," kata Komandan Taruna Siaga Bencana (Tagana) Banyumas, Heriyana Ady Chandra, di Baturraden, Kabupaten Banyumas, Jawa Tengah, Senin (18/4/2016).

Ia mengatakan, jika sudah siap, korban atas nama Irfan (19) bersama 12 rekannya akan segera diturunkan dari Gunung Slamet. Menurut dia, pihaknya terus berkomunikasi dengan tim SAR yang berada di atas, meskipun jaringan komunikasinya sering mengalami gangguan.

"Kami upayakan turunkan pagi hari ini melalui jalur Baturaden. Diperkirakan akan sampai Baturaden dalam waktu empat hingga enam jam sesuai perlakuan dengan orang yang masih hidup," ujar dia.

Saat ditanya mengenai kabar jika korban atas nama Irfan telah meninggal dunia, dia mengatakan bahwa kabar tersebut tidak benar. "Masih hidup. Informasi terakhir, dia masih hidup, masih sadar," tegasnya.

Ady mengakui, medan pada jalur Baturaden sangat ekstrem sehingga memiliki tingkat kesulitan yang tinggi karena ada medan yang terjal, turunan yang curam, dan banyak akar pohon besar yang menghalangi jalan.

Kendati demikian, dia mengatakan bahwa tim SAR gabungan tetap mengupayakan penjemputan dan evakuasi melalui jalur Baturaden meskipun jalur Bambangan, Kabupaten Purbalingga, relatif lebih aman.

"Kalau lewat Bambangan harus naik gunung lagi, pertimbangannya itu, sehingga lewat Baturaden. Kemudian, tim yang menangani juga lebih siap di Baturaden, termasuk penyiapan personel di pos-pos pendakian dan kami sudah menyiapkan peralatan," katanya.

Sebelumnya, Seorang Mahasiswa Universitas Indonesia, Irfan (19) dilaporkan jatuh ke jurang di Lereng Gunung Samet, Jawa Tengah. Peristiwa itu terjadi siang tadi, saat korban hendak turun dari puncak melalui jalur pendakian Baturaden, Banyumas, bersama tujuh temannya. 

Sumber http://news.okezone.com/read/2016/04/18/512/1365470/mahasiswa-ui-yang-jatuh-ke-jurang-lereng-gunung-slamet-berhasil-diselamatkan

0 Response to "Mahasiswa UI yang Jatuh ke Jurang Lereng Gunung Slamet Berhasil Diselamatkan"

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel