-->

Perbedaan Kerudung, Jilbab, Hijab, Purdah, dan Cadar... TOLONG SHARE !

BacaanMuslimah - Sebenarnya ada beberapa kata mirip, tapi dari sisi makna berbeda. Misalnya kerudung, jilbab, hijab, purdah dan cadar. Kata-kata tersebut adalah kata yang sering kita dengar, dan kebanyakan orang memahami maknanya sama. Padahal pengguanaan kata itu tentu sesuai peruntukan masing-masing. 
http://muslimah-id.com/wp-content/uploads/2014/10/perbedaan-kerudung-jilbab-hijab-purdah-dan-cadar.jpg

Selama ini, yang membedakan antara kerudung, jilbab, hijab, purdah, dan cadar, hanya dari bentuknya saja. Untuk tujuan dan fungsi, maka disesuaikan dengan tujuan utamanya, yakni menutup aurat. 

Nah, mari kita bahas satu per satu arti dari dari masing-masing kata dan peruntukannya. 

Pertama, Kerudung
Kerudung murni dari bahasa Indonesia. Dalam bahasa al-Quran, kerudung disebut khimar, disebut dalam surah an-Nur. Khimar berarti kain penutup kepala, leher sampai dada wanita. Sama dong dengan jilbab? Tidak juga, perbedaan kerudung dan jilbab terletak pada bentuk. Kerudung terpisah dari pakaian lain, baik warna maupun corak, sedangkan jilbab, biasanya menyeluruh menjadi busana muslimah. Corak tak terpisah antara penutup kepala dan busana lain.

Kedua, Jilbab
Jilbab berasal dari bahasa Arab. Dalam al-Quran disebut dalam surah al-Ahzab. Dalam kamus bahasa Arab, jilbab berarti pakaian lapang, lebar, tidak ketat, yang menutup seluruh aurat wanita, kecuali muka dan telapak tangan. Dalam bahasa Indonesia, kata jilbab terkadang disamakan dengan kerudung, padahal berbeda. Perbedaan kerudung dan jilbab ada pada coraknya. Seperti halnya, kerudung (khimar), jilbab hukumnya wajib bagi muslimah sebagai bentuk keimanan dan ketaatan.

Ketiga, Hijab
Hijab juga berasal dari bahasa Arab yang di-Indonesia-kan. Hijab dalam kamus bahasa Arab, berarti penghalang, tabir, dan penutup. Dari fungsi, hijab menurut bahasa, fungsinya menghalangi, menjadi tabir penghalang yang terbuat dari kain. Perbedaan antara jilbab dan hijab, ada pada fungsinya. Al-Allamah Syeikh al-Bani mengatakan, “Setiap Jilbab adalah Hijab, tetapi tidak semua Hijab itu Jilbab.” Maksudnya, terkadang wanita menggunakan kerudung, jilbab, tapi kain yang terpasang tidak menjadi penghalang baginya dari pandangan orang lain yang dilarang dalam syariat.

Keempat, Purdah
Biasa juga disebut Burdah. Dalam bahasa Arab berarti pakaian luar, tirai, dan hijab. Perbedaan antara purdah dan hijab ada pada bentuknya. Biasanya purdah atau burdah dikenakan setelah mengenakan jilbab atau hijab. Muslimah biasanya mengenakan jilbab, di bagian luarnya masih mengenakan kain tirai lagi yang sengaja dikenakan, entah sebagai perhiasan atau bagian dari hijabnya. Itulah Purdah. 

Kelima, Cadar atau Niqab
Niqab adalah purdah yang menutupi bagian muka kecuali mata. Bahkan di beberapa negara, kain yang berfungsi sebagai Niqab, juga menutupi bagian mata, dari bahan kain tipis. Ulama berbeda pendapat mengenai hukum menggunakan Niqab atau cadar. Bagi penulis memilih sunnah. Sunnah bagi muslimah mengenakan cadar.

Selain dari kelima di atas ada lagi penutup aurat yang biasa orang gunakan untuk sholat yaitu Mukena atau Rukuh. Busana ini digunakan khusus saat muslimah melaksanakan shalat. Mukena atau rukuh awalnya tidak ada dalam literatur kamus busana muslimah. Kebiasaan muslimah Indonesia menamai pakaian mirip hijab saat shalat kemudian disebut mukena. Dalam bahasa Arab mukena berasal dari kata miqna’ah yang artinya sama dengan kerudung. Perbedaannya ada pada model. Mukena adalah kerudung yang sedikit panjang.


Bagaimana wanita muslimah sudah paham kan ? apa yang membedakan antara kerudung, jilbab, hijab, purdah dan cadar ?
Jangan memaknainya sama ya muslimah....

Sumber : http://muslimah-id.com

0 Response to "Perbedaan Kerudung, Jilbab, Hijab, Purdah, dan Cadar... TOLONG SHARE !"

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel