KISI-KISI DINAS JAGA / P2TL (Bag-01)
KISI-KISI DINAS JAGA / P2TL
* ATURAN 7 P2TL adalah mengenai bahaya tubrukan a.bahaya tubrukan dianggap ada apabila ada keragu ragauan b.cara mengetahui diantara dua kapal yang haluannya bersilangan akan ada bahaya tubrukan -bahaya demikian dianggap ada jika baringan pedoman kapal yg sdg mendekati tidak menunjukan perubahan yang berarti -bahaya demikian terkadang akan terjadi sekalipun perubahan baringan yang begitu jelas sekali terutama jika sedang mendekati kapal yang sangat besar atau suatu gandengan besar atau sedang mendekati sebuah kapal pada jarak dekat sekali * (ATURAN 12) JIKA DUAH BUAH KPL BELAYAR SALING MENDEKATI SEHINGGA DPT MENYEBABKAN BAHAYA TUBRUKAN CARA MENGHINDARI HAL TERSEBUT - Jika masing2 mndpt angin pd lambung yg berlainan,kpl yg mndpt angin pd lambung kiri hrs mnyimpang utk yg lain - Jika mndapat angin pd lambung yg sma kpl yg ada diatas angin hrs mnyimpang utk kpl yg dbawah angin - Jika kpl yg mndpt angin pd lambung kiri & tdk mngetahui kpl lain mndpt angin pd lambung kiri atau kanan maka kpl tsb hrs menyimpang utk yg lain * ATURAN 17 adalah diwajibkan bagi kapal yang bertahan untuk menghindari tubrukan A. tindakan yg diambil jika kapal tersebut jika melihat kapal kapal itu masih jauh - mengontrol kecepatan kapal - mengontrol posisi kapal lain dengan cara membaring - mengadkan komunikasi B.tindakan yng diambil jika kapal yang bertahan melihat kapal kapal lain semakin mendekat - mengurangi kecepatan - mengadkan komunikasi ulang - mengecek posisi kapal dengan cara membaring ulang C.jika kapal lain tidak melakukan tindakan apapun - kapal yang bertahan mengamankan diri dari bahaya tubrukan dengan cara membelokkan haluan kapal * ARTI DR TIUPAN / SULING - 1 Tiup panjang artinya tiupan yg lamanya 4-6 detik - 1 Tiupan pendek artinya tiupan yg lamanya kurang lebih 1 detik * ARTI DR PERLING - 1 perling artinya saya sdg merubah haluan kekanan. - 2 perling artinya saya sdg merubah haluan kekiri. - 3 perling artinya mesin saya sdg bergerak mundur. * BERLAYAR ADALAH - bahwa kapal tersebut tidak kalam keadaan berlabuh jangkar atau terbatas pada daratan atau kandas Bahaya tubrukan akan dianggap pada At. 7 adlah - jika baringan pedoman kapal yang sedang mendekat tidak menunjukkkan perubahan yang berarti/signifikanm * BELAYAR DI PERAIRAN SEMPIT YG BENAR : - Berlayar sedekat mungkin dg batas luar alur yg berada pd sisi kanan lambung kpl selama masih aman. - Apabila menyususl dr lambung kanan wajib membunyikan suling 2 panjang 1 pendek. - Apa bila menyusul lambung kiri wajib membunyikan suling 2 panjang 2 pendek. -nBagi kpl yg akan di susul jika setuju wajib membunyikan suling Panjang pendek panjang pendek (_._.) * CARA MENGETAHUI BAHWA KPL BERADA DLM BAHAYA TUBRUKAN - Jika timbul keragu-raguan maka bahaya tubrukan dianggap ada - Bhy tubrukan dianggap ada jika baringan pedoman kpl yg sdg mendekat tdk menunjukkan perubahan yg berarti - Dgn membaring kpl lain tsb& bila baringan yg tetap/perubahannya kcl sementara jarak dgn kpl kita bertambah dkt. * CARA MEMOTONG DI ALUR (traffic separation scheme) -kapal harus memotong dengan haluan sedapat mungkin tegak lurus thd arah lalin umm Tata cara kapal mendkti zona TSS -lakukan sedemikian rupa hingga membentuk sudut yg sekecil mungkin thd arah lalin * FAKTOR2 YG PERLU DIPERHITUNGKAN DLM MENENTUKAN KECEPATAN AMAN a. Tingkat penglihatan. b. Kemampuan olah gerak kapal khususnya yg berhubungan dg jarak henti dan kemampuan berputar dlm setiap kondisi yg ada. c. Pada malam hari terdapat cahaya latar belakang seperti lampu – lampu darurat atau pantulan dari lampu kita. d. Keadaan cuaca serta adanya bahaya – bahaya navigasi yg ada disekitarnya. e.Sarat kapal sehubungan dengan kedalaman air yg dilalui. * FAKTOR2 YG DIPERHITUNGKAN UNTUK MENENTUKAN KECEPATAN AMAN : - Tingkat penglihatan - Kecepatan lalu lintas kpl - Sarat kpl sehubungan dg kedalaman air yg ada - Adanya cahaya latar pd mlm hari. - Kemampuan olah gerak kpl. - Keadaan laut angin & arus * FAKTOR2 YG DIPERTIMBANGKAN OLEH NAKHODA DLM MENYUSUN KOMPOSISI TUGAS JAGA NAVIGASI - Jarak tampak , keadaan lau & cuaca. - Pengetahuan & kepercayaan dini secara profesional dri perwira jaga. - Status oprasional alat2 dianjungan termasuk alatkontrol & alarm. - Karasteriktik olah gerak kpl termasuk karasteriktik baling2 & kemudi. - Ukuran & besarnya sudut pandang dri tmpt pengamatan. * DILAKUKAN SELAMA BELAYAR DI PERAIRAN SEMPIT - Kpl tdk boleh berlabuh jangkar di alur. - Kpl tdk blh menangkap ikan di alur. - Kpl tdk blh memotong alur, apa bila menghalangi kpl lain yg hanya aman belayar didlm alur pelayaran yg sempit. - Kpl layar yg panjangnya kurang dr 20M tdk boleh melintangi jalannya kpl lain. HAL2 YG TAK BOLEH * HAL2 YG HARUS DIPERHATIAKAN PD SAAT SERAH TERIMA JAGAHal2 1.Tdk menyerahkan tugas jaga kpd orang yang tidak mampu/sakit dll. Dlm hal ini nakhoda diberitahu, 2.Perwira pengganti harus yakin bahw anggotanya benar2 siap melaksanakan tugs dg baik 3.Semua petugas pengganti jaga telah menyesuaikan diri dg kegelapan. 4.perwira pengganti telah yakin ttg bebbgai hal yg hars diketahui. 5.Apabila tlah tiba waktu serah terima jaga ttp sdg menghindari bhya atau sdg mengolah gerk, harus di selesaikan terlabih dahulu sampai bhay telh lewat dan olah grk tlah selesai. * HAL2 YG PERLU DIPERHATIKAN SELAMA KPL SANDAR DI PELABUHAN & MELAKUKAN MUAT BONGKAR -tali tambat / tali kapal yg terpasang -pasang surut -stabilitas kapal pada saat bongkar muat -lampu penerangan pada malam hari * ISARAT BUNYI _ : Mendekati tikungan yg terlahan _ _ : Kpl sedang belayar _ _ . :Menyusul dr lambung kanan / Murse = E _ _ . . : Menyusul dr lambung kiri . . : Kpl merubah haluan kekiri / murse = I . . . : Mesin mundur / murse = S _ . _ . Setuju di susul . . . . . : Ragu ragu _ _ . : Kpl olah gerak terbatas * ISYARAT2 BAHAYA YG MEMBUTUHKAN PERTOLONGAN - Isyarat asap warna jingga. - Tanda bahaya radio telegrafi. - Tanda bahaya radio teleponi. - Obor tangan yg memperlihatkan cahaya merah. - Nyala api di kpl (misalnya tong minyak yg sdg terbakar). - Roket/peluru yg menebarkan bintang2 merah. - Isyarat sehelai bendera segi empat dibawah/atasnya sebuah bola. * ISARAT2/TANDA2 YG DIPERGUNAKAN BAHWA KPL DLM KEADAAN BAHAYA : - Membunyikan sembarang alat isaratkabut terus menerus. - Isarat asap yg menghasilkan asap jingga. - Isarat asap yg menghasilkan asap jingga. - Obor tangan (Cerawat paying) yg memperlihatkan cahaya mirah. - Isarat ledakan / tembakan dg slang waktu satu menit. - Isyarat radio yg terdiri kata yg diucapkan May Day. * ISI MASTER STANDING ORDER ANTARA LAIN: - Ikuti garis haluan yg ada digaris peta - Selalu memonetor posisi dip eta - Selalu memonetor VHF ch 16 - Hindari nelayan - Keadaan cuaca / kondisi kpl - Berita bahaya dr stasiun kpl lain KISI-KISI LAINNYA: | * ISARAT YG DIPERLIHATKAN BAGI KPL TENAGA YG SEDANG BELAYAR (ATURAN 23) P2TL - Lampu tiang kedua belakang lbh tinggi dri lampu tiang dpn. - Lampu2 lambung. - Lampu buritan. * ISARAT YG DIPERLIHATKAN BAGI KPL YG MENUNDA (ATURAN 23) P2TL - Lampu2 lambung. - Lampu buritan. - Lampu tunda letaknya lurus diatas lampu buritan. - Apabila tundaan lbh dri 200M, sebuah bela ketupat dipasamg pd tepat yg kelihatan dgn jelas. * ISYARAT YG DIGUNAKAN & DIPERHATIKAN BAGI KPL YG BERADA DLM KEADAAN BAHAYA & MEMERLUKAN PERTOLONGN -tembakan senjata atau isarat ledak lainnnya yang ditembakan dgn selang waktu dari 1 menit - membunyikan sembarang alat isarat kabut secara terus menerus -roket-roket atau peluru-peluru yang menebarkan bintang –bintang merah yang ditembakkan satu demi satu dengan selang waktu singkat -isarat yang dipancarkan dengan isarat radio atau dg cara lain maupun yang terdiri dari kelompok SOS dalam kode morse -isarat yang dipancarkan dengan telepon radio yang terdiri dari kata yang diucapkan MAYDAY -isarat dari kode internasional yang ditunjukan dengan NC -isarat yg terdiri dari sehelai bendera segi empat yang dibawah atau di atasnya sebuah bola atau sesuatu yang berupa bola. -nyala api di kapal (misalnya dari tong ter, tong minyak, yang sedang terbakar ) -cerawat paying roet atau obor tangan yang memperlihatkan cahaya merah -isarat asap yang menghasilkan asap warna jingga -menarikturunkan lengan-lengan yang terentang kesamping secara perlahan dan berulang -tanda bahaya radio telegrafi -tanda bahaya radio telepon -isarat resmi yang dipancarkan oleh system radio komunikasi -isarat yg dipancarkan oleh rambu rambu penunjuk posisi darurat * ISARAT DIPERLIHATKAN BAGI KPL YG TDK DAPAT DIOLAH GERAK / OLAH GERKNYA TERBATAS (ATURAN 27) P2TL - 2 lampu merah keliling bersusun tegak lurus. - 2 bola2/sosok benda serupa bersusun tegak lurus. - Apabila mempunyai laju terhadap air, lampu lambung & lampu buritan. * ISARAT DIPERLIHATKAN BAGI KPL KERUK (ATURAN 27) P2TL - 2 lampu merah keliling/bola bersusun tegak lurus utk menunjukkan tmpt rintangan tsb berada. - 2 lampu hijau keliling atau 2 belah ketupat bersusun tegak lurus menunjukkan sisi yg blh dilewati olh kpl lain. * ISARAT YG DIPERLIHATKAN BAGI KPL YG MELAKUKAN PEKERJAAN PENYELAMAN (ATURAN 27e) P2TL - 3 lampu keliling bersusun tegak, lampu tertinggi & terendah berwarna merah sedangkan lampu ditengah berwarna putih. - Sebuah duplikat bendera A dri bendera kode internasional yg tertinggi tdk krg dri 1M. * ISYARAT YG DIPERLIHATKAN & DIPERDENGARKAN OLEH KPL TENAGA YG PANJANGNYA 50 MTRS A. berlayar dan mempunyai laju -lampu lambung, lampu tiang dan lampu buritan B.mengalami rusak mesin dan masih berlayar -dua buah lampu keliling bersusun tegak berwarna merah -lampu lambung dan lampu buritan C. berlabuh jangkar dan membongkar mesin induk -1penerangan tiang berwarna putih -dua buah lampu kelilling bersusun tegak berwarna merah * JARAK TAMPAL KPL TENAGA YG PANJANGNYA 65 M * KPL meliputi tiap jenis kendaraan air,termasuk kendaraan & pesawat terbang laut bukan deplasemen,yg digunakan sebagai sarana angkutan air. * KAPAL TENAGA : kapal yg digerakan dengan mesin. * KAPAL LAYAR : kapal yg sedang berlayar dgn menggunakan layar. * KAPAL IKAN : kapal yg menangkap ikan dgn jala2,tali2,pikat2 tarik atau alat penangkap ikan lainnya yg membatasi daya olah geraknya. * KAPAL YG TIDAK DPT DI OLAH GERAK : kapal yg karena beberapa keadaan luar biasa tdk mampu untuk mengolah gerak. * KAPAL YG DIBATASI DALAM KEMAMPUANNYA UTK BEROLAH GERAK : kapal yg dari sifat pekerjaannya dibatasi dlm kemampuannya utk mengolah gerak. * KPL YG TERKUNGKANG OLEH SARATNYA: kpl yg karena saratnya terhadap kedalaman air & luasnya lebarnya perairan mengakibatkan terbatasnya kemampuan olah geraknya utk menyimpang dri haluannya. * KPL YG TERBATAS KEMAMPUAN OLAH GERAK Kpl karena keadaan istimiwa menyebabkan kpl tdk mampu untuk berolah gerak, untuk menyimpang dr haluan. * KPL YG TERBATAS OLAH GERAKNYA : Kpl yg karena sifat pekerjaannya mengakibatkan kemampuannya untuk mengolah gerak menjadi terbatas * KPL YG TIDAK TERKENDALI Kapal yg tidak dapat ber OG/ kapal yg tdk terkendali berarti kpl yg dlm suatu keadaan khusus tdk mampu utk berOG oleh krn itu tdk mampu menyimpang kpl lain. * KPL2 YG TERBATAS KEMAMPUAN OLAH GERAKNYA ANTARA LAIN ADALAH - Kpl yg digunakan untuk memasang, merawat, / mengngkat merkah navigasi, kabel laut / pipa dlm laut. - Kpl yg sedang melakukan penggerukan penelitian / pekerjan dibawah air. - Kpl yg sedang melakukan pengisian / pemindahan orang2, perbekalan atau muatan pd waktu sedang belayar. - Kpl yg sedang melakukan kegiatan memisahkan ranjau laut. * KPL YG TERMASUK DLM KPL YG TERBATAS KEMAMPUAN OLAH GERAKNYA - Kapal yg digunakan memasang, merawat atau mengangkat merkah navigasi kabel laut atau pipa laut. - Kapal yg sedang melakukan pengerukan, penelitian atau pekerjaan di bawah air. - Kapal yg sedang meluncurkan atau sedang mendaratkan kembali pesawat. - Kapal yg digunakan dalam pekerjaan penundaan shg mengakibatkan tidak mampu utk menyimpang dari haluannya. * KPL YG SEDANG BELAYAR HRS MENYIMPANG KPL APA SAJA SESUAI ATURAN 18 P2TL - Kpl yg tdk dpt di OG - Kpl yg terbatas kemampuan OG - Kpl yg sdg menangkap ikan - Kpl layar. * KPL2 TENAGA HARUS MENYIMPANG JALANNYA TERHADAP -kapal tidak dapat olah gerak -kapal olah gerak trbatas(kpl penyapu ranjau sedng kerja, kpl navigasi, VLCC, kpl tunda sdng menunda -kapal penangkap ikan -kapal layar * KAPAN KPL MULAI MENAMPAKKAN PENERANGAN & SOSOK BENDA -penerangan mulai diperlihatkan oleh sebuah kapal pada malam hari, mulai mthri tbenam s/d terbit dan dalam penglihatan terbatas boleh juga dalam semua keadaan Kapal mulai memperlihatkan sosok benda -sosok benda mulai diperlhtkan pada waktu terbit mthari s/d tbenam * KECEPATAN AMAN Suatu kecepatan dimana dapat mengambil tindakan yg cepat, tepat dan efektif untuk menghindari bahaya tubrukan dan dapat dihentikan dalam jarak yg sesuai dg keadaan dan suasana yg sedang di alami * KPL KERUK YG SEDANG BEKERJA DI ALUR PELAYARAN - Malam hari : 3 lmpu bersusun tegak lurus ditmpt yg kelihtn lbh jls(diatas merah,tengah pth,bwh merah). -Siang hari: 3 sosok bnda tgk lurus ditmpt yg dpt kelihtan dgn jelas.(yg diatas bola2,ditengah belah ketupat,dibwh bola2) + Menunjukkan sisi tmpat rintangan tsb: (Malam hari) :2 lampu mrh keliling bersusun tgk lrs, (siang hari)2 bola bersusun tegak lurus - Menunjukkan sisi yg boleh dilewati kpl lain: (mlm hari): 2lmpu hijau keliling berusun vertical,(siang hari): 2 belah ketupat* KEWAJIBAN PERWIRA JAGA1.Tdk meninggalkan anjungan sebelum di ganti. 2.Terus melaksanakn tanggung jwb, walaupun nakhoda ada di anjunagn kec sec regas nakhoda mengambil alih. 3.Jika ragu2 thdp apa yg akan dilakukan, sgera memberitahu nakhoda. 4.Selalu memriksa haluan, posisi, kec dg menggunakan setiap peralatan yg sesuai. 5.Menegetahui sepenuhnya letak semua alat2 navigasi dan pengoperasiannya serta keterbatsan alt2 tsb. 6.Menggunkan perlatan navigasi seefectif mgkn. 7.Tdk boleh diberi tugas lain yg dpat mengganggu keselamt navigsi. 8.Jk menggunakan radar, harus mengingat ketentuan2 Colreg sehubungan dg penggunaan radr. 9.Jk diperlukan tdk boleh ragu2 utk menggnakn kemudi, mesin dan semboyan bunyi. 10.Mengetahui sifat ol gerk kpl, termasuk lingkaran putar dan jarak henti, serta menyadari bhw kapl2 lain mempnyai sifat yg berbeda2. 11.Mencatat semua kegiatan berkaitan dg nav dan ol gerak. 12.Jika akan masuk kamr peta, harus yakin kead tetp aman dan pengmatn tetp dilaksanakan. 13.Melakukan pengujian alat2 sblm terjadi sesuatu yg membhyakan dan seblm sampai di tempt tujuan, jg seblm kpl berangkat. 14.Melakukan dan memeriksa Compas standard paling sedikit sekali slama periode jaga dan setiap perubahan haluan yg cukup besar. 15.Membandingkan kompas standar dan kompas gyro sec berkala. 16.Kemudi otomatis selalu di uji sec manual paling sedikit sekali selama periode jaga. 17.Lampu2 navigasi dan lampu2 lain sll berfungsi dg baik. 18.Peralatan komunikasi sll berfungsi dh baik. 19.Peralatn kendali , indikator2 sllu berfungsi dg baik. |
0 Response to "KISI-KISI DINAS JAGA / P2TL (Bag-01)"
Post a Comment